02 Juli 2021 | Dilihat: 81 Kali

21.168 PERSONEL POLRI KAWAL PENERAPAN PPKM DARURAT COVID-19

noeh21
Personel Polri yang akan dikerahkan dalam mengawal penerapan PPKM Darurat Covid-19.
    
Bravo8News.com (JAKARTA) - Untuk mengawal pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali, Polri mengerahkan 21.168 personelnya. Pemberlakuan ini berlangsung dari 3 sampai 20 Juli 2021, dan efek diterapkan tepat pukul 00.00 WIB, Sabtu (3/7/2021) dinihari.

Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono, personel Polri dikerahkan dari seluruh Polda yang ada di Pulau Jawa dan Bali. Hal ini tertuang dalam Surat Telegram (STR) Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, soal Operasi Aman Nusa II Penanganan Covid-19 Lanjutan, terkait menindaklanjuti kebijakan PPKM Darurat.

"Operasi ini melibatkan 21.168 personel dari Polda Jawa dan Bali," kata Argo saat membacakan amanat Kapolri di Gedung Rutapama Mabes Polri, Jumat (2/7/2021).

Dalam Operasi Aman Nusa II terdapat tujuh satuan tugas (satgas), yakni satgas deteksi, satgas binmas, satgas kepatuhan protokol kesehatan dan pengamanan vaksinasi. Selain itu, satgas bayankes, satgas pengamanan pengawalan vaksin, satgas penegakan hukum dan satgas hubungan masyarakat (humas).

Operasi Aman Nusa II merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Pada poin 6 Inmendagri disebutkan, gubernur, bupati dan waki Kota didukung penuh oleh TNI, Polri, dan kejaksaan dalam mengoordinasikan dan mengawasi pelaksanaan PPKM Darurat Covid-19.

"Adanya poin keenam, pihak polisi membuat Operasi Aman Nusa II Lanjutan, dulu pernah dibuat juga terkait Covid-19, dulu ada 5 satgas sekarang ada tujuh satgas operasi itu," ujarnya. (tom/bdg)