06 Agustus 2021 | Dilihat: 200 Kali

REALISME JATIDIRI GOS SYAILENDRA

noeh21
    
BRAVO8NEWS.COM - Gos Syailendra atau pak Badrun, dikenal sebagai pelukis realis dari kota Temanggung. Semangat dan spirit berkesenian dimulai sejak usia dini. Kecintaannya pada berkesenian merupakan suatu semangat pencarian jati dirinya. Ia pelukis otodidak yang ia jalani dengan belajar mandiri. Bukan berarti ia tidak belajar pada suhu yg dianggapnya sebagai maestro seni.

Barun Gos Syailendra menjalani kesenian dengan terus belajar. Ia mencari dan mencari keutamaan hidup dalam berkesenian. Obyek2 lukisanya beragam dari manusia, hewan, alam buah dan apa saja yang berkaitan dengan hidup dan kehidupan.

Realisme jatidiri menjadi suatu spirit yang ia lakukan dalam peziarahan seni budaya. Ia menekuni banyak bidang kesenian. Ia juga membuat kostum2 super hero. Tak jarang ia juga melakukan performance art. Dengan pakaian kostum ala super hero melakukan dialog di area publik atau juga melakukan kegiatan sosial kemanusiaan.

Kegelisahan seorang Badrun akan seni terus ia asah dan kembangkan dalam berbagai lini kehidupan. Dari berdialog mengajar, mendirikan sanggar seni, mendongeng dan apa saja ia lakukan.

Setelah melanglang buana ke berbagai daerah Badrun rindu kampung halaman kembali ke Temanggung. Di Temanggung ia mendirikan sanggar Drawing Course/Saikendra Art galery. Beranjak dari seni lukis yang otodidak membuat Badrun tetap rendah hati dan mudah bergaul. Ia juga tidak anti akademis, dimana Badrun muda juga belajar kepada orang2 yang memiliki latar belakang akademis. Dari situ pengalaman adalah gurun yang membangun karakternya dalam berkesenian.


Badrun disamping berkesenian ia juga peduli akan hidup dan kehidupan serta masalah masalah sosial. Dari situ ia mendapat ide atau inspirasi yang ia tuangkan dalam karya. Konsep melukis Badrun scara natural/realis sebagai wujud pelepasan pencarian jati dirinya.

 Ketertarikan akan subyek seni budaya yg yang beraneka ragam mampu melwpas sekat2 labirin seakan dunia tanpa batas ruang dan waktu. Hal tersebut oleh Badrun menjadi motivasi berkarya dan gairah berkesenian tanpa batasan.

Spirit mencari jati diri dan menemukan sendiri ini menjadi kepuasan seoran Badrun / Gos Sailendra dalam berkesenian Pameran tunggal maupun bersama banyak ia lakukan di berbagai kota.
 (
Thn 1991-2020 aktif mengikuti pameran bersama sanggar lukis CATEC(Cah Temanggung Creativ)
-thn 2000 sebagai duta seni rupa Indonesia untuk negara Qatar Timur tengah
-thn 2001 Pameran "Beatiful Girl"di Sahid Jaya Hotel
-thn 2001 Pameran lukis bersama sanggar CEMPAKA(Alumni dosen ASRI) Dlm rangka HUT Pertamina di Pertamina pusat
-thn 2014 pameran bersama alumni UNS di Kemang jkt
-thn 2019 pameran bersama pelukis jogja yg tergabung di JOGJAS komunitas perupa Jogja Jakarta di Tmn budaya Jogja
-thn 2021 pameran bersama pelukis NYALA RUPA semarang.tempat kota lama
Aktivitas,sebagai pengajar seni lukis
Ia memang sang pembelajar yang terus mencari tanpa lelah dan tiada kata berhenti untuk terus mencari dan mencari .....(CDL) Senja mendung 050821