16 November 2021 | Dilihat: 136 Kali

MASDARWIS MENCERDASKAN BANGSA

noeh21
Ilustrasi
    
BRAVO8NEWS.COM - Masyarakat sadar seni budaya dan pariwisata ( masdarwis ) sering ditafsirkan lucu lucuan atau malah ada yang beranggapan sebaga wujud jawasentris karena dengan kata kata mas didepannya. Masdarwis sejatinya merupakan bagian mencerdaskan kehidupan bangsa.

Membangun kepercayaan diri bagi masyarakat atau bahkan komunitaspun memiliki suatu kekuatan bagi dirinya untuk mampu memberdayakan apa yang ada, sehingga dapat untuk bertahan hidup dam memberi kehidupan. Konteks Masdarwis banyak menganggap sebagai bagian jalan jalan kuliner dan bersenang senang.

Menganggap kecil remeh temeh mungkin namun lupa bahwa masyarakat di berbagai belahan dan sisi wilayah Indonesia memiliki hak untuk hidup. Mereka memiliki hak budaya komuniti yang menjadi bagian dari kekayaan dan keragaman bangsa.

Religi, tradisi, hobi, seni, komuniti hingga teknologi dapat menjadi unsur pendukungnya. Belum lagi alam dan kehidupan tata cara manusia dalam berbagai upaya mempertahankan hidup dan kehidupannya menjadi sesuatu daya tarik tersendiri.

Religi tradisi seni hobi komuniti dan teknologi akan menjadi inspirasi tatkala dikemas, dimaknai dan dimarketingkan. Pendekatan yang materialistis biasanya yang dominan, entah dari aparatnya maupun masyarakatnya kebanyakan mendahulukan keluhan, minta dikasihani, mengharap memperoleh sesuatu. Rp seakan dewanya pr tidak dikerjakan makan akan semu dan tidak bertahan lama.

Masdarwis bukan sebatas apa dan bagaimana melainkan membangun siapa. Siapa di sini tentu kesadaran, kecintaan tanggung jawab dan kebanggaan. Kaum cengeng dan mental pengemis akan menghambat bahkan menjadi batu sandungan. Seperti lagu si lumba lumba Bondan Prakosa : .... makan dulu... semua didahuluo sengan makan dulu. Masdarwis memerlukan jiwa jiwa patriot yang berani nggetih, pemikiran visioner, tulus iklas dasarnya kecintaan dan kebanggaan.

Masdarwis memiliki spirit patriotisme untuk mewujudkan :
1. Menginspirasi apa yang ada adalah bagian dari stay in art with heart
2. Hospitality atau keramahtamahan dalam menyambut dan menunjukkan kawasannya aman menyenangkan dan bermanfaat bagi siapa saja yang datang
3. Suasana dibangun berbasis rasa yang seni asri dan ngangeni bagi siapa saja yang pernah datang selalu saja ada rasa rindu ingin kembali.
4. Standar kebersihan dan kesehatan menjadi yang utama di ingkungan atau area publik maupun privat : air, udara, jalan, pasar, trotoar bahkan toiletpun dapat diunggulkan
5. Kuliner semua model atau gaya eropa asia lokal dsb merupakan hidangan makanan yang memenuhi standar sehat nikmat
6. Senantiasa ada kebaruan dan melakukan pembaruan yang kreatif dan inovatif
7. Apa yang dilakukan point 1 sd 6 adalah membangun ikon atau citra. Masdarwis merupakan patriotisme yang menanamkan cinta dan bangga akan Indonesia. Rintik hujan di beranda Tegal Parang 131121.