17 Agustus 2021 | Dilihat: 263 Kali

RIBUT DI KERATON KASEPUHAN CIREBON, GERBANG DISEGEL

noeh21
Kasepuhan -ist-
    
BRAVO8NEWS.COM - Geger Keraton Kasepuhan Cirebon, kembali mencuat setelah  Sekelompok orang yang berasal dari Santana Kesultanan Cirebon, menyegel gerbang dan memasang spanduk bertuliskan 'segel'

Aksi penyegelan tersebut mendapat perlawanan dari pihak lawan. Karena tak lema segel itu terpasang ada yang menurunkannnya, Selasa (17/8/2021), namun gembok masih mengikat cantolan daun pintu gerbang.

Ketua Buhun Santana Kesultanan Cirebon, Pangeran Heru Rusyamsi Arianatareja di Keraton Kaprabonan Cirebon, Selasa (17/8/2021) menegaskan, keraton disegel supaya dibenahi.  

Pria yang akrab disapa Pangeran Kuda Putih tersebut mengatakan, penyegelan dan penggembokan gerbang Keraton Kasepuhan Cirebon merupakan upaya menyampaikan aspirasi.

Heru meminta agar aktivitas dan status sultan di Keraton Kasepuhan Cirebon dibekukan terlebih dahulu. Menurutnya, keluarga sultan yang saat ini menduduki tahta bukan bagian dari pewaris. "Hingga sekarang tidak ada satu pun pernyataan saya yang menyebut saya berhak menjadi sultan. Saya hanya ingin dirapikan," kata Heru.

Heru juga mengklaim, Santana Kesultanan Cirebon sebagai keluarga atau turunan dari Sunan Gunung Jati yang sah. Sebelumnya, polemik antara Santana Kesultanan Cirebon dengan Keraton Kasepuhan ini terjadi sejak tahun lalu. Namun demikian, upaya media menghubungi pihak Keraton Kasepuhan untuk memberikan keterangan resmi hingga saat ini belum direspons. "Kami ingin bicara dengan mereka. Mungkin mereka menganggap bahwa kami ingin merebut tahta," kata Heru. (rul)