17 September 2021 | Dilihat: 91 Kali

KOMANDAN OPERASI KKB PAPUA MATI DITEMBAK PERSONIL GABUNGAN TNI-POLRI

noeh21
Kombes Ahmad Musthofa Kamal
    
BRAVO8NEWS.COM -Komandan Operasi KKB (kelompok kriminal bersenjata) Ngalum-Kupel pimpinan Lamek Taplo, Elly M Bidana tewas dalam kantak senjata dengan personel gabungan TNI-Polri. Dua anggota kelompok KKB lainnya luka.

"Dari kontak tembak dengan personel gabungan, satu anggota KKB meninggal dunia dan 2 anggota KKB terluka" kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Jumat (17/9/2021).

Kontak tembak antara personel gabungan TNI-Polri dan KKB terjadi pada Senin (13/9/2021) di Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Hingga saat ini menurut Kombes Musthofa, KKB Ngalum-Kupel pimpinan Lamek Taplo masih berada di Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dijelaskan, beberapa hari terakhir KKB melakukan aksi kekerasan di 2 Distrik. Pada Senin (13/9/2021) KKB melakukan pembakaran dan kekerasan di Distrik Kiwirok. Pada keesokan harinya Selasa (14/9/2021), kelompok teroris ini kembali melakukan pembakaran di Distrik Okhika.

Personel gabungan TNI-Polri m yang berada di Distrik Kiwirok masih melakukan pengejaran dan pengamanan untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas oleh KKB. Kondisi keamanan di Distrik Kiwirok kini dalam keadaan kondusif. Kontak tembak dan pasca kejadian pembakaran fasilitas publik berupa Kantor Distrik, Puskesmas, Bank dan Rumah Warga. Pelayanan Publik di Distrik Kiwirok dan Distrik Okhika saat ini berdampak pasca aksi pembakaran yang dilakukan KKB.(Omi)