09 Juli 2021 | Dilihat: 97 Kali

RIZAL RAMLI DIBERITAKAN WAFAT GARA-GARA SALAH TULIS, HINGGA SAJAK LIA

noeh21
    
JAKARTA - Ada-ada saja, kesalahan penulisan judul obituari dari Rizal Ramli untuk Rachmawati Soekarnoputri di sebuah media online, malah bermakna Rizal Ramli yang meninggal. Koreksi atas pemberitaan itu disampaikan Ivan Lanin, seorang aktivis bahasa yang menganjurkan penggunaan bahasa Indonesia baku di dunia maya.

Ivan menyampaikan kritik tersebut di akun Twitter pribadinya pada 5 Juli 2021, dengan mengunggah tangkapan layar berita yang berjudul “Jauh Sebelum Wafat, Rizal Ramli Pernah Minta Jokowi Lakukan Ini kepada Rachmawati”.

Judul seperti itu rupanya dapat mengandung salah arti, jika pembaca tidak memahami konteksnya. Ivan kemudian menuliskan koreksinya, bahwa agar tidak salah arti, kadang perlu ada kata yang diulang.

“Jauh Sebelum Rachmawati Wafat, Rizal Ramli Pernah Minta Jokowi Lakukan Ini kepada Rachmawati,” demikian judul yang disarankan Ivan.

Media online itu pun akhirnya memperbarui judul pemberitaannya, yang kemudian ditangkap kembali oleh Ivan dengan judul “Jauh Sebelum Wafat, Rizal Ramli Pernah Minta Jokowi Lakukan Ini kepada Rachmawati”.

Rizal Ramli memang bersahabat dengan Rachmawati Soekarnoputri, bahkan hubungannya sangat dekat setelah Rachmawati memberinya jabatan Ketua Dewan Penyantun Universitas Bung Karno Periode 2011-2015. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya periode 2014 ini pun kini menjadi kritikus ekonomi dan keuangan di media sosial Twitter.

Ia gencar menyuarakan lockdown daripada PPKM Darurat karena dianggapnya berbiaya mahal. Rizal berasumsi bahwa lockdown selama 14 hari dapat menghemat anggaran negara.

Jika melihat postingan Twitternya, Rizal memang tampak kesal dengan SMI yang tak lain Menteri Keuangan Jokowi, Sri Mulyani Indrawati.

“Semakin kelihatan ngawurnya dan ndak becusnya SMI,” tulis Rizal ketika menanggapi akun @BenyIbrahim5.

Hal menarik lain dari Rizal Ramli adalah kedekatannya dengan pemeran Sarah dalam sinetron lawas Si Doel Anak Sekolahan. Sewaktu Rizal Ramli menjadi Menko Maritim pernah dipergoki WNI yang mengenalinya di bandara Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Postingan tersebut kemudian menjadi viral setelah diunggah akun Instagram gosip @lambe_turah. Lia, sapaan akrab Cornelia, dan Rizal terlihat sedang berjalan di sebuah tempat yang diduga merupakan bandara Abu Dhabi.

Rizal memang seorang duda dua kali menikah, istri pertamanya Herawati Moelyono (1982-2006) yang dikaruniai dua putri dan Marijani (2008-2011) tidak dikaruniai anak.

Rizal memang cukup tertutup soal pribadinya ke publik. Bahkan di Twitter sekalipun ia tidak saling mengikuti dengan akun milik Cornelia Agatha (@Cornel_OnStage). Jika Rizal aktif mengunggah isu-isu politik, lain halnya dengan Lia sapaan akrab Cornelia. Ia aktif dalam program kemanusiaan dan kesusateraan.

Yang terbaru tepatnya pada 6 Juli 2021, ia membacakan puisi dengan judul ‘Beradaptasi Dulu’ yang ia bacakan di pengajian KH Buya Syakur Yasin MA dari Indramayu dengan alamat channel Youtube Wamimma TV. Puisi tersebut bercerita tentang kesendirian. Berikut penggalan puisi yang dibacakan Cornelia:

Menyendiri itu indah, wahai kekasihku
Karena ketika engkau menyendiri
Hatimu tidak akan tersakiti
Hatimu tidak akan merasakan kerinduan
Tidak akan merasa sedih merasakan perpisahan
Bahkan bisa menghilangkan segala perasaan
..................................

Kemampuan Cornelia dalam membacakan puisi pun membuat decak kagum para penontonnya. Tak sedikit juga yang bertanya di kolom komentar, seperti diutarakan Yanti Rianti.

“Mbak ini puisi untuk bang RR bukan. Dalem sekali,” ungkapnya.

Sementara akun Nur Aini menimpali, “Nikmat yg mana yg telah kau dustakan”.

Percakapan itu tidak panjang karena diingatkan akun Tri Wiyati. “Hus jangan gosip, ini sedang pengajian. Kalo gak dijawab berarti iya,” tulisnya. (rel)