10 Juli 2021 | Dilihat: 116 Kali

BAHAGIAKU, BAHAGIAMU, NAHAGIA KITA SEMUA

noeh21
Ilustrasi
    
JAKARTA - Bagikan kebahagiaanmu kepada orang lain. Memberi bukan hanya materi tetapi berbagi rasa berbagi kebahagiaan ini berkat bagi kita dan sesama. Anthony de melo seorang guru spiritual dari India mengatakan :" kebahagiaan adalah buah sesuatu bukan sesuatu".

Buah sesuatu dapat dipahami dan dimaknai sebagai bagian dari usaha atau proses bahkan dapat dikatakan suatu perjuangan. Hidup adalah harapan, mencapai harapan harus melalui perjuangan. Tidak sebatas kerja keras namun juga kerja cerdas.

Di masa duka rasa hati bagai tersayat sayat seakan membela sesama tinggal sebatas doa. Air matapun mengering. Taman taman hati tiada berbunga. Semua tinggal kenangan tinggalah nama.

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang. Manusia mati meninggalkan nama baik dan karya karya yg menjadi keabadian. Homo homini salus manusi untuk memanusiakan manusia. Situasi pandemi selain ndrawasi juga nggegirisi era ini berserah menjadi kekuatan agar harapan terus ada dan tidak padam.

Seniman boleh berpulang namun pemikiran dan karyanya akan abadi. Tan malaka mengatakan:"  dari dalam kuburku aku akan berteriak lebih keras dari apa yg aku teriakkan semasa aku hidup". Tan Malaka sadar hidupnya singkat bisa saja jasadnya dihilangkan namun pemikiran cerdas Madilognya tetap abadi.

Karya menjadi tanda keabadian. Kita tidak tahu di mana makam pelukis Trubus Sudarsono, tidak tahu di mana Wiji Thukul berda. Hidup atau mati semua gelap. Namun karyanya jiwanya terus menggelora. Karya Trubus yg luar biasa terpampang sampai di istina. Spirit Wiji Thukul :" hanya satu kata  lawan" . Terus menggelora.

Para seniman adalah pejuang dan patriot peradaban torehan keabadian telah dilakukan. Kebahagiaan mereka tatkala berkarya walau sudah tiada namun mash bisa berbagi kebahagiaan. Dalam media sosial karya Ki Narto Sabdo,

 Ki Timbul Hadi Sugito, ki Seno Nugroho, ki Slamet Gundono, Ki Manteb sudarsono dan banyak dalang dalang lainnya masih menabur kebahagiaan. Karya para musikus para penyair semua ada kebahagiaan yg terus dibagikan. Guyonan Basio, Gepeng, Benyamin Sueb, pak Tile kebahagiaannya terbagi abadi.

Hemat boleh pelit jangan. Kalaupun tak punya apa apa bagikan senyummu. Jempolmu berilah komentar yg membahagiakan. Ini bukan menjilat tetapi menjadikan imun sehat. Mensana en corpore sano.

 Tatkala dari dirinya hanya hujatan makian kebencian penghakiman sambatan sombat sambat sambat sebut maka kebahagiaan tak akan datang. Kaum pecundang tidak akan menjadi berkat. Imun menurun, gara gara SMS senang melihat orang susah dan susah melihat orang senang.

Para seniman budayawan penabur penabur kebaikan yg dibuat semasa kuat sehat atau bahkan kondisi sekarat. Kenangan indah keabadian mjd pilar kewarasan bangsa. Seringkali tak banyak yang terharu. Ya karena masih megreng megreng orangnya. Tatkala tiada barulah semua terbuka. Gelo selalu tibo mburi. Karena kalau di depan namanya undangan.(Cdl) Lier lier menunggu kantuk tiba 080721