24 Juli 2021 | Dilihat: 127 Kali

HARI ANAK-ANAK NASIONAL

noeh21
ilustrasi
    
BRAVO8NEWS.COM - Anak anak masa depan bangsa. Generasi penerus bagi suatu bangsa. Pengkaderan, pencerdasan, pembangunan karakter bagi anak untuk mampu menjadi patriot bangsa. Patriot patriot di era milenial memiliki kesadaran tanggung jawab dan disiplin dalam membangun negeri.

Anak anak disiapkan dengan sistem pendidikan pelatihan dan pengasuhan untuk kelak mampu menjadi insan yang profesional cerdas bermoral dan modern. Profesional yg bermakna ahli memiliki kompetensi keilmuan dan ketrampilan.

Cerdas dapat dimaknai kreatif dan inovatif mampu menemukan solusi scr proaktif dalam berbagai kondisi. Bermoral ini dapat ditunjukkan tingkat kesadaran, tanggung jawab dan disiplinnya. Modern dikaitkan pd konteks dinamika perubahan sosial yg begitu cepat.

Dunia anak dunia bermain. Bagaimana anak anak ini dibangun karakternya dalam dunia bermain. Kesadaran keberanian bertanya keberanian mengemukakan pendapat perlu dibangkitkan. Kebersamaan, kepekaan kepedulian bela rasa akan kemanusiaan menjadi bagian dalam edukasinya.

Mengembangkan imajinasinya dengan bebas namun bertanggung jawab bagi manusia dan kemanusiaan. Anak abak diajar mencintai alam flora fauna. Juga mampu hidup bersama dalam perbedaan. Penghormatan dan penghargaan akan kemanusiaan.

Penghargaan akan profesi dan sejak usia dini ditanamkan budaya anti korupsi. Tata krama budi pekerti penghormatan kepada guru dan orang lebih tua. Olah rasa olah raga olah jiwa menjadi bagian dari pengembangan imajinasinya.

Pendidikan menjadi pilar masa depan bangsa. Pendidikan kesadaran kebebasan keberanian kebenaran tanggung jawab bagi hidup dan kehidupan. Pada pendidikanlah tergantung masa depan bangsa, (Romo Mangun wijaya).

Rene des crates mengatakan : "cogito ergo sum", ketika saya berpikir maka saya ada. Berpikir menjadi acuan dasar pendidikan. Albert einstein mengatakan :" the true sign of intellegent is not knoledge but imagination".


Pedidikan bukan menghafal namun berpikir dan mengembangkan imajinasinya. Berbicara pendidikkan maka guru adalah kuncinya. Guru membuka jendela dunia dengan mata hatinya. Guru menjadi profesi mulia pejuang kemanusiaan.

Selain itu juga menjaga hidup dan kehidupan serta membangun peradaban. Peran keluarga juga sangat menentukan. Pendidikan dalam keluarga juga akan membentuk karakter. Anak anak menjadi harapan masa depan sbg patriot yang cinta dan bangga sebagai anak bangsa. (CDL) Selamat hari anak Tegal parang 230721