18 Oktober 2021 | Dilihat: 184 Kali

KALAHKAN JUARA BERTAHAN CHINA, INDONESIA JUARA PIALA THOMAS

noeh21
Kegembiraan tim Indonesia
    
BRAVO8NEWS.COM  -  Tim Indonesia sukses menjadi juara Piala Thomas 2021 setelah di final tanpa ampun menyikat juara bertahan China 3-0, Minggu (17/10/2021) di Ceres Arena, Aarhus, Denmark.

Indonesia  menjadi juara Piala Thomas 2021, setelah Jonatan Christie mengalahkan  Li Shi Feng 21 14,18-21 dan 21-14 di partai ketiga. Sebelumnya Indonesia sudah unggul 2-0 berkat kemenangan Anthony Sinisuka Gintig dan pasangan Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto.

Indonesia  menggagalkan ambisi besar China untuk merebut ketiga piala lambang suremasi bulutangkis beregu dunia. China telah berhasil merebut Piala Sudirman dan Uber, tapi mereka gaga mempertahankan Piala Thomas yang kali ini sukses diboyong Indonesia.

Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, Anthony Sinisuka Ginting, sukses menjalani partai pembuka dengan berhasil membawa Indonesia unggul 1-0 usai mengalahkan Lu Guang Zu 18-21, 21-14 dan 21-16. Anthony menang sesudah berjuang  dalam durasi 77 menit.

Anthony sempat bermain tidak nyaman di game pembuka. Dari awal terus tertinggal dalam perolehan skor.

"Puji Tuhan saya bisa menang. Jujur saya nervous digame pertama yang selalu tertinggal dan kalah di game pertama. Pastinya ada pressure," kata Anthony  usai laga.

Memasuki game  kedua dan ketiga, Anthony bermain lebih baik. Permainannya bisa keluar semua. Dia sangat nyaman dan bisa menikmati permainan

"Di game kedua dan ketiga saya bisa mengontrol permainan. Saya bisa bermain baik dan bisa memenangi pertandingan. Puji Tuhan akhirnya saya bisa bermain bagus di gim kedua dan ketiga," ucap Anthony.

Sejak semalam, bicara soal strategi, dia sudah mempersiapkan diri untuk berhadapan dengan Shi Yu Qi atau Lu Guang Zu. Jadi ketika bertemu Lu, dia tidak kaget. Apalagi, dia pernah dua kali mengalahkan tunggal pertama China tersebut. Kemenangan  dicatat di Jepang Terbuka 2019 dan Indonesia Terbuka 2019.

"Jadi saya tidak kaget saat bertemu Lu bukan Shi di laga pembuka ini," ungkap Anthony. "Kemenangan ini tentu membuat saya sangat senang. Tetapi perjuangan belum berakhir. Pemain-pemain China adalah lawan yang tangguh. Saya berharap teman-teman bisa bermain baik dan memberikan kemenangan untuk Indonesia," lanjut Anthony.

Fajar/Rian Perbesar Keunggulan 2-0

Pasangan ganda putra pertama, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menambah keunggulan Indonesia atas China. Peraih perak Asian Games 2018 ini sukses menekuk He Ji Ting/Zhao Hao Dong, 21-12, 21-19.

Pasangan peringkat 7 dunia ini memang selalu unggul dari awal. Permainan yang lebih kompak dan rotasi yang lebih solid, membawa Fajar/Rian tampil bagus. Sementara lawan yang bukan pasangan asli, juga kerap kedodoran, terutama di gim pertama.

"Bersyukur alhamdillah bisa menyumbangkan angka kemenangan bagi Indobesia. Kami bisa bermain tanpa cedera. Kami tidak menyangka bisa diturunkan di partai final Piala Thomas dan sebagai ganda pertama serta bisa menyumbang angka," ujar Fajar usai pertandingan. "Saya senang karena bisa mempersembahkan kemenangan. Keberhasilan ini sangat penting bagi kami untuk tidak menjadi pasangan pelapis terus. Ini menambah kepercayaan diri kami," sebut Rian.

Menyangkut lawan yang bukan pasangan asli, Fajar/Rian merasa bersyukur. Keduanya juga bisa memanfaatkan keadaan dan menang.

"Lawan juga bukan pasangan aslinya, kami sangat percaya diri untuk mengalahkan mereka. Ganda China itu pasangan dadakan, sehingga rotasinya belum berjalan baik. Ini tentu kami manfaatkan kesempatan," sebut Fajar.

Saat kedudukan 20-17 di gim kedua kemudian dikejar hingga 20-19, Fajar/Rian mengaku tenang. "Pokoknya tenang dan berusaha dapat satu poin. Ternyata berhasil," ujar Rian. "Modal kami adalah fokus bermain dari awal sampai akhir. Alhamdulillah bisa menerapkan strategi bermain dengan baik dan menang. Dari awal kami memang sudah siap untuk mengeluarkan segenap tenaga dan kemampuan yang kami miliki untuk menang dan sumbang poin," tambah Rian.
Tunggal putra Jonatan Christie memastikan sesudah memenangi partai ketiga  atas   atas Li Shi Feng 21 14,18-21 dan 21-14. Indonesia pun unggulan 3-0 untuk memastikan Piala Thomas kembali ke Tanah Air. (yor)