03 Februari 2022 | Dilihat: 83 Kali

PUAN MAHARANI KECEWA PUPUK BERSUBSIDI LANGKA DI PETANI

noeh21
Puan bersama para petani
    
BRAVO8NEWS.COM - Sebagai negara agraris, pupuk adalah dimensi penting dalam ketahanan pangan Indonesia. Pasalnya, pupuk yang berkualitas dapat memberikan hasil produk pertanian yang unggul dan memiliki kuantitas tinggi.

Kekecewaan Puan Maharani diunggah di akun instagramnya, Rabu(3/2/22), sayangnya, setiap saya bertemu dengan petani, mereka selalu mengeluhkan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi atau harganya cukup tinggi.

Padahal kalau para petani kekurangan pupuk, pertumbuhan tanamannya menjadi tidak normal atau produksinya bisa menurun bahkan gagal panen. Pasti akan berdampak pada pendapatan hingga kesejahteraan para petani.

Dalam APBN 2021, dana subsidi pupuk sendiri sudah terealisasi sebesar Rp27,16 triliun. Namun, program ini belum banyak dirasakan oleh petani.

Tentunya permasalahan ini harus segera diselesaikan oleh pemerintah. Perlu dilakukan evaluasi dan komitmen pemerintah untuk memberantas praktik mafia pupuk bersubsidi.

Mudah-mudahan sebelum masa tanam berikutnya sudah ada kabar baik. Sehat selalu semua petani Indonesia. Dalam akun tersebut seorang netizen fitrialstr11 berharap pemerintah mengusut siapa pelakunya. Usut tuntas bu agar mafia segera terungkap. (oko)