04 Januari 2022 | Dilihat: 67 Kali

PESAN PANGLIMA UNTUK SATGAS TNI BANGUN KOMUNIKASI DENGAN WARGA SETEMPAT

noeh21
Panglima TNI
    
BRAVO8NEWS.COM -Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengirimkan pesan untuk jajaran Satuan Tugas (Satgas) Mabes TNI di Papua dan Papua Barat. Isi pesannya, Panglima Andika meminta prajuritnya  membangun komunikasi sosial dengan masyarakat setempat.

Bukan hanya itu, Jenderal Andika Perkasa juga meminta kepada masing-masing satgas di tiga matra untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Namun kata Panglima ada tambahan aspek yang perlunya ditekankan dalam menjalankan tugas para prajurit, yakni membangun komunikasi sosial.

"Untuk Satgas Kodim, tugasnya  melaksanakan tugas pokok dan fungsi Kodim yang menjadi prioritas adalah pembinaan teritorialnya. Kita melihat aspek geografinya, penduduknya, kemudian komunikasi sosial," kata Andika Perkasa saat memberi arahan secara virtual yang ditayangkan di akun YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, Senin (3/1/2022).

Untuk tugas pokok Satgas Lanud kata Andika, yakni fokusnya ada pada pembinaan potensi kedirgantaraan dan komunikasi sosial. "Satgas Lanal pun, pangkalan Angkatan Laut, melaksanakan tugas pokok dan fungsi Angkatan Laut, tapi fokusnya adalah pembinaan potensi kemaritiman dan komunikasi sosial," unarnya.

Komunikasi sosial menurut Panglima Andika Perkasa merupakan bagian dari tugas pembinaan teritorial TNI. Tujuannya, meningkatkan hubungan TNI dan berbagai kelompok masyarakat sehingga tumbuh rasa saling pengertian dan kebersamaan menjaga kedaulatan NKRI.

Dikatakan Panglima TNI, semua satuan tugas di bawah Mabes TNI yang berada di Papua dan Papua Barat kini menjadi Satgas Kodim dengan Koramil masing-masing. "Kemudian ada Satgas Pangkalan Udara (Lanud), dan Satgas Lanal," tuturnya.

Selain itu lanjut Andika, tidak hanya mengubah fokus kerja, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tersebut juga melakukan penggabungan dan menambah personel satgas, memindahkan tempat serta menambah fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan satgas. "Saya punya tanggung jawab menyiapkan terlebih dahulu untuk tempat-tempat baru. Namun tempat barunya ini sudah kita pilih, realistis ya, tetapi tetap harus saya penuhi item-item vitalnya," imbuhnya.

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa berkomitmen menggunakan pendekatan yang humanis untuk menyelesaikan masalah di Papua dan Papua Barat. Komitmen itu telah ia sampaikan sejak uji kepatutan dan kelayakan di DPR RI sampai saat ini menjabat sebagai Panglima TNI.

Selain itu, Andika Perkasa  Omenginstruksikan jajarannya untuk mengedepankan tugas pembinaan teritorial dan komunikasi sosial guna membangun pemahaman dan kedekatan dengan masyarakat Papua dan Papua Barat.(Omi)