27 Januari 2022 | Dilihat: 83 Kali

PANGDAM BANTU POLRI CEGAH BENTROKAN MEKAIN MELUAS DI HARUKU

noeh21
Pangdam bersama sejumlah tokoh masyarakat kedua belah pihak
    
BRAVO8NEWS.COM - Kondisi di lokasi terjadinya bentrokan dua warga Desa Ori dan Kariu, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, pada Selasa (25/1) kemarin, sudah berangsur  kondusif. Sejumlah Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat yang ada di Maluku hari ini Rabu (26/01/2022) bersilaturahmi di Lobby Makodam.

Kodam XVI/Pattimura juga telah memberikan perbantuan  terhadap pihak kepolisian. Pangdam juga mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga wilayah agar tetap kondusif.

Kodam Patimura juga telah  mengirimkan pasukan lansung ke tempat kejadian dibawah pimpinan Komandan Kodim 1504/Ambon bersama Kapolres Ambon untuk  mengambil langkah langkah guna meredam konflik di Kepulauan Haruku.


Pada apel gelar pasukan, Rabu(26/1) Pangdam mengantisipasi dan mencegah agar   konflik di pulau Haruku tidak berimbas ke daerah lainnya .

Pangdam berharap konflik bisa segera mereda dan situasi segera  kondusif lagi. Kodam XVI/Pattimura menyatakan  setiap saat, kapan  saja dan dimana saja siap memberikan perbantuan bila ada permintaan dari Polri.

Pangdam juga memyampaikan kepada semua prajurit agar jangan pernah ragu untuk mengambil tindakan tegas  terhadap pihak-pihak yang mengancam keselamatan masyarakat maupun keselamatan prajurit saat bertugas di lapangan. Kodam XVI/Pattimura menyiagakan 8 SSK yang terdiri dari 4 SSK Yonif 733/Masariku, 2 SSK Denkav 5/BLC dan 2 SSK Denzipur 5/CMG.

Setelah apel gelar tersebut ,  Pangdam  melalui  Vicon memberikan perintah kepada seluruh Komandan Satuan jajaran Kodam Patimura baik yang di Maluku maupun Maluku Utara untuk   mengecek dan meyakinkan kesiapan personil dan materiil masing-masing  satuan sehingga  siap untuk digerakkan setiap saat serta meminta para Komandan Satuan melakukan  tindakkan tindakan pencegahan terkoordinasi dengan  seluruh instansi dan komponen masyarakat lainnya  sehingga Konflik tidak meluas. (Pendam XVI/Ptm)