12 Agustus 2021 | Dilihat: 120 Kali

TERUNGKAP ULANG TAHUN BUNG HATTA, BELIAU PUNYA 3 "ISTRI" YANG DICINTAI

noeh21
FOTO IST sup
    
BRAVO8NES.COM - Nama besar Mohammad Hatta atau Bung Hatta memang seiring dengan nama Soekarno, karena keduanya dikenal sebagai tokoh proklamator RI Megawati dalam webinar khusus untuk memperingati hari lahirnya salah Bung Hatta, yang jatuh pada Kamis (12/8/2021)  mengatakan, antara dirinya dengan putri Bung Hatta, Meutia Farida Hatta merupakan teman masa kecilnya.

Kata Megawati Soekarnoputri, Bung Hatta memiliki sifat berbeda dengan sang ayah, Soekarno yang cenderung spontan, sangat dinamis, dan humoris. Sementara, Bung Hatta adalah sosok yang sangat berdisiplin dan formal.

Oleh sebab itu, Megawati kerap cemas apabila diajak bertemu dengan Bung Hatta. Bahkan, dia merasa seperti 'tekanan batin' tiap kali berkunjung ke rumah Bung Hatta.
Megawati juga mengingat saat Soekarno-Hatta, dan para pendiri bangsa lainnya, sangat suka berdiskusi soal berbagai isu kebangsaan di Istana Merdeka. Diskusi sangat dinamis, kadang dengan suara meninggi, berbahasa Jawa atau Belanda.

Mengingat hubungan keluarganya dengan keluarga Bung Hatta, Megawati merasa sedih. Dia menilai pemimpin berikutnya hanya menyematkan status pahlawan kepada mereka, namun tak banyak menceritakan kisah-kisah mereka.

    BERTOLAK BELAKANG

Dua proklamator kita memang bertolak belakang dalam banyak hal. Kecuali dalam urusan buku.  Sama sama disiplin membaca buku. Kita tahu pandangan mata Bung Karno tak pernah lepas dari pesona wanita. Dia jatuh cinta dan menikah berkali kali dan takluk pada wanita. Tapi tidak dengan Bung Hatta. Proklamator kita hanya menikah sekali hingga akhirnya,  berpembawaan tenang itu selebihnya, tekun membaca buku!

Menurut  Ibu Rahmi Hatta, isteri Proklamator yang mendampingi hingga akhir hayat, sang suami tercinta sebenarnya “punya tiga istri yang sangat dicintainya”. Diungkapkan, isteri pertama adalah tikar / sajadah sembahyangnya, isteri kedua adalah buku bukunya, sedangkan isteri ketiganya Ibu Rahmi Hatta.

Selain berpolitik, Bung Hatta merupakan sosok yang begitu lekat dalam dunia literasi. Semasa aktif dalam organisasi PI, beliau menulis di berbagai surat kabar diantaranya, Hindia Poetra, Neratja, Surat Kabar-PNI baru, dan Daoelat Ra’jat. Karya-karya Bung Hatta dalam bentuk buku berjumlah kurang lebih 69 judul. Bung Hatta juga menguasai beberapa bahasa asing seperti, Inggris, Jerman, Belanda, dan Perancis.

Kalau ada kontes duta buku diantara para tokoh pejuang kemerdekaan kita, Mohammad Hatta jelas juaranya. Tradisi membaca sejak belia juga dilakoni oleh Sutan Sjahrir.  Tokoh yang dijuluki ‘Bung Kecil’ ini  adalah perdana menteri pertama sekaligus aktor penting Perundingan Linggarjati. la juga berhasil memunculkan politik luar negeri yang dikenal sebagai politik diplomasi yang berhasil membawa Indonesia sejajardengan bangsa-bangsa lain di dunia.(oko)