16 September 2021 | Dilihat: 76 Kali

SOAL KPK, PRESIDEN MINTA SEMUA MASALAH JANGAN DITARIK-TARIK, ADA MEKANISME

noeh21
jokowi
    
BRAVO8NEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan dengan sejumlah pemimpin redaksi di Istana Kepresidenan, Rabu (15/9/2021) menyatakan, jangan semua masalah diserahkan ke presiden. Saya kan nggak mungkin mengambil keputusan kalau proses hukum berjalan di MA dan di MK, "jangan semuanya ditarik-tarik ke presiden," ujarnya.

Tata cara bernegara yang baik itu, ada penanggung jawabnya dan proses berjalan sesuai dengan aturan, bukan menyeret atau membawa-bawa orang lain. " Polemik tes wawasan kebangsaan (TWK) di KPK sudah ada penanggung jawabnya. Apalagi? " tandasnya.

Diwartakan, pegawai nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikenal dengan Novel Baswedan CS pada 30 September 2021 resmi dipecat. Tak senang dipecat, Novel CS  bersama dengan koalisi masyarakat sipil antikorupsi mendirikan kantor darurat di depan Gedung ACLC-KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/9/2021).

Penyidik nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan kecewa dengan keputusan pimpinan yang memecat dirinya dan 56 pegawai KPK lainnya. Pasalnya, Novel beranggapan selama di KPK dirinya giat memberantas korupsi, namun kini malah dirinya yang diberantas.

Dia beranggapan pimpinan KPK selama ini sengaja ingin menyingkirkan dirinya dan rekan-rekannya. Apalagi, menurut Novel, upaya penyingkiran terhadap dirinya dan pegawai lainnya terdapat pelanggaran seperti yang ditemukan Komnas HAM dan Ombudsman.

"Kenapa kita tahu bahwa ada banyak permasalahan yang jelas, yang nyata, perbuatan melawan hukum, perbuatan manipulasi, perbuatan ilegal yang dilakukan dengan maksud menyingkirkan pegawai KPK tertentu. Itu jelas ditemukan, bukti-buktinya jelas," kata Novel. (oko)