19 Oktober 2021 | Dilihat: 105 Kali

PESAN LUHUT: JANGAN SAMPAI LIBUR NATARU TERJADI LONJAKAN COVID-19

noeh21
Luhut
    
BRAVO8NEWS.COM - Jangan sampai libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) terjadi lonjakan Covid-19, sehingga memasuki Januari 2022 Indonesia berubah jadi endemi. Peringatan itu disampaikan  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Senin (18/10/2021). "Kalau kita bisa melampaui Nataru ini dengan baik pada Januari, saya pikir sudah masuk pada endemi," kata Luhut dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden.  

Terlebih, dia mengatakan bahwa pemerintah sedang melakukan penjajakan beberapa alternatif obat Covid-19. Luhut dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sedang berada di Amerika Serikat untuk melakukan pertemuan dengan Merck mengenai obat Molnupiravir.

Selain Molnupiravir dari Merck, Luhut menyebut saat ini terdapat obat Proxalutamide yang sedang dalam tahap uji klinis ketiga di Indonesia dan sedang berproses di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Alternatif obat lain yakni, AT-527 yang dikembangkan oleh Roche and Athea. "Ketiga obat tersebut menunjukkan potensi untuk menjadi obat Covid-19," ucapnya.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meminta para menterinya untuk melakukan mitigasi apabila terjadi gelombang ketiga akibat Libur Natal dan Tahun Baru. Lonjakan kasus bisa terjadi jika mobilitas masyarakat tinggi dan efek imunitas pasca vaksinasi menurun. "Oleh karena itu kami akan melakukan beberapa kali rapat untuk persiapan itu. Terutama, mendorong penggunaan Peduli Lindungi," ujar Luhut.

Luhut menyadari bahwa banyak masyarakat yang sudah lelah berhadapan dengan pandemi Covid-19. Namun, Luhut meyakini Indonesia akan segera bisa keluar dari pandemi virus corona. "Melihat berbagai perkembangan yang ada dan dengan kepemimpinan Presiden Jokowi, saya yakin kita akan mampu segera mengatasi dan keluar dari Pandemi Covid-19 sebagai bangsa dan negara yang lebih kuat," jelas Luhut. (end)