20 Juli 2021 | Dilihat: 88 Kali

PENUMPANG PESAWAT DARI SOEKARNO-HATTA WAJIB UNDUH APLIKASI PEDULILINDUNGI

noeh21
ilustrasi
    
BRAVO8NEWS.COM - Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin,Selasa (20/7/2021) mengungkapkan, penumpang pesawat yang akan berangkat dari Bandara Soekarno Hatta wajib mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

"Ketetapan ini bermaksud memperkuat protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19. "Kami memohon dukungan calon penumpang pesawat dalam mengimplementasikan ketentuan ini," tandasnya.

Awaluddin menjelaskan bahwa kebijakan tersebut merujuk pada Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan Nomor 847 Tahun 2021 tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan bagi Pengguna Transportasi Udara yang Terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi.

Selain itu, calon penumpang pesawat wajib melakukan tes COVID-19 di 742 laboratorium yang terintegrasi dengan data New All Record (NAR) Kemenkes, yang mana hasilnya akan langsung diunggah di aplikasi PeduliLindungi. "Nama-nama dari 742 laboratorium tersebut tercantum di dalam Surat Edaran Menkes Nomor 4642/2021 tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pemeriksaan COVID-19," ujarnya.

Validasi dokumen kesehatan digital, yakni kartu vaksinasi dan hasil tes COVID-19, di aplikasi PeduliLindungi akan dilakukan di bandara oleh personel Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes). Juga, di konter check-in oleh maskapai menggunakan pemindai QR code dan/atau microsite aplikasi PeduliLindungi.
"Seperti diketahui, saat ini kartu vaksinasi dan surat hasil tes COVID-19 jadi syarat bagi calon penumpang pesawat untuk dapat melakukan perjalanan," katanya.(rel)