30 Januari 2022 | Dilihat: 82 Kali

BENARKAH SAAT IMLEK TURUN HUJAN, PERTANDA REZEKI BERLIMPAH

noeh21
Lampian Imlek
    
BRAVO8NEWS.COM - Hari Raya Imlek atau Tahun Baru China ke 2573 tinggal menghitung jam, tepatnya pada Selasa (1/2/2022). Konon, hujan di saat perayaan Imlek sering disebut pertanda akan datang banyak rejeki yang berlimpah.

Imlek merupakan sebuah momentum bagi masyarakat Tionghoa dalam mengungkapkan rasa syukur serta harapan baru pada tahun yang akan datang. Tak ubahnya pada hari perayaan umat yang beragama lain.

Namun apa pendapat Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hari raya Imlek memang selalu jatuh antara akhir Januari dan awal Februari. Di saat itu, memang bertepatan dengan puncak musim hujan dan curah hujan yang tinggi.

Forecaster Stasiun Geofisika Kota Bandung Yan Firdaus mengatakan, Hari Raya Imlek yang jatuh pada 1 Februari selalu bertepatan dengan puncak musim hujan dan curah hujan tinggi. Inilah mengapa perayaan Imlek dikatakan identik dengan turunnya hujan.

"Dalam waktu tiga hari ke depan atau hingga akhir bulan Januari ini, cuaca di Kota Bandung hujannya terbilang sedikit dan anginnya cukup kencang," kata Yan, Sabtu (28/1/2022).

Yan juga mengamati perihal musim hujan secara empiris di wilayah Bandung raya dimulai November dan akan berakhir pada Maret. Sedangkan musim kemarau tahun ini, di wilayah Bandung raya dimulai pada Juni berakhir pada September.

Terkait dengan kondisi Kota Bandung terkini, masyarakat diharapkan selalu waspada karena perubahan cuaca cukup cepat dari cerah ke mendung dan kemudian angin kencang cukup cepat terjadinya. "Jika terjadi awan mendung atau angin mulai terasa kencang, masyarakat diharapkan langsung mencari perlindungan," tuturnya. (rel)