30 Juli 2021 | Dilihat: 67 Kali

INGGRIS BERENCANA MEMBUAT BAHAN BAKAR PESAWAT DARI KOTORAN MANUSIA

noeh21
ilustrasi
    
BRAVO8NEWS.COM - Inggris berinovasi untuk mengurangi tingkat polusi udara mengurangi pemanasan global. Baru-baru ini Ratu Elizabeth II itu mengumumkan akan mengganti bahan bakar pesawat yang diklaim dapat mengurangi polusi udara.

Seperti diketahui, aktivitas penerbangan yang semakin sibuk, terutama saat sebelum pandemi, menjadi penyumbang polusi udara hingga berakibat pada pemanasan global.

Menteri Transportasi Inggris Grant Shapps, mengungkapkan rencana mendorong maskapai penerbangan di Inggris untuk menggunakan 10 persen bahan bakar ramah lingkungan di pesawat pada 2030 mendatang. Dilansir dari laman gov.uk dan NZ Herald, 27 Juli 2021, salah satunya adalah bahan bakar yang terbuat dari kotoran manusia.

Dengan bahan bakar tersebut, di masa depan penumpang pesawat dapat keliling dunia menggunakan tinja manusia. Inovasi terbaru ini akan diuji coba pertama kali oleh penduduk Inggris.

Shap bahkan menyebutkan ingin mengajak semua maskapai penerbangan di dunia untuk mengubah bahan bakar armadanya menggunakan kotoran manusia. Ia berharap gebrakan ini terwujud sebelum perubahan lingkungan meningkat menjadi 75 persen pada 2050.

Bukan hanya tinja, pemerintah Inggris juga berencana membuat bahan bakar pesawat dari limbah rumah tangga seperti minyak goreng. Inovasi ini diprediksi dapat menghemat 23 megaton karbon pada 2050 mendatang.

Jumlah tersebut setara dengan setengah juta penerbangan dari Inggris ke Tenerife di Spanyol, per tahun. Kalau rencana tersebut terwujud, bahan bakar baru ini dapat menghasilkan 11.000 pekerjaan ramah lingkungan di Inggris pada 2050.

Proyek ini diperkirkan membutuhkan bujet sekitar 29,6 juta dolar AS atau setara Rp428 miliar, demi mengubah limbah rumah tangga seperti kotoran manusia menjadi bahan bakar pesawat. Pemerintah Inggris telah memilih delapan perusahaan untuk mewujudkan inovasi itu.(reuter)