08 Desember 2021 | Dilihat: 117 Kali

SARAN BANG YOS ANTISIPASI BANJIR BESAR DI JAKARTA MOBILISIR SEMUA KEKUATAN

noeh21
Bang Yos foto-kompas
    
BRAVO8NEWS.COM - Banjir akibat luapan air laut yang disebut rob maupun banjir karena tingginya curah hujan kini mulai menghantui warga ibukota. Jakarta sejak dahulu kala memang daerah banjir karena secara geografis 30 persen wilayah Jakarta dibawah permukaan laut. Artinya, Jakarta memang rawan banjir.

Baru-baru ini banjir rob menghampiri kawasan Jalan Lodan Raya, Ancol, Jakarta Utara, dalam lima hari terakhir memicu kerusakan rumah dan barang elektronik, hingga membuat warga kelompok rentan, seperti lanjut usia, kian tersiksa.

Ada tiga jenis banjir di Jakarta, diantaranya banjir rob, banjir akibat hujan lokal dan banjir luapan sungai. Jumat (3/12),  yang baru lkalu banjir rob menerjang RW 08, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. Selama lima hari tersebut, banjir paling tinggi merendam pada hari Sabtu (4/12) hinga Selasa (6/12).

Mantan Gubernur DKI Sutiyoso yang akrab disapa Bang Yos ketika diminta pendapatnya soal banjir dengan tegas mengatakan, menangani banjir ibukota jangan dicampur aduk dengan perbedaan politik. "Tidak akan menyelesaikan masalah," tandasnya, Rabu(8/12/21)

Berbagai langkah memang harus harus segera disikapi oleh gubernur DKI siapapun yang menjabat untuk menjawab soal banjir. Penyelesaiannya harus dari hulu hingga ke hilir. Artinya dari ujung sampai pangkal persoalan dituntaskan bersama.

Untuk itulah Bang Yos menyarankan agar menyiapkan rumah susun yang layak setidaknya ukuran 36 meter untuk memindahkan warga penghuni bantaran kali. Mereka adalah warga Jakarta yang harus dimanusiakan juga.

Berikan tempat layak bagi warga terdampak naturalisasi berikan hunian ukuran besar agar bisa hidup nyaman pada keluarganya. Misalnya ada dua anak hunian yang besar ukuran 36 meter bukan ukuran 21 meter. "Kalau memang 70 persen masih bisa di naturalisasi ya lakukan, tapi kalau terpaksanya reklamsi kembalikan semula, baru beres," pinta Bang Yos.

Meski semua bagian hulu dan hilir sudahj tertangani mantan gubernur DKI itu juga mewanti-wanti agar diperhatikan gorong-2 saluran semua hunikan lancar.Lantai  rumah jangan diplester semua perlu dibikin resapan atau biopori di halaman agar air bisa meresap.  
 
Mengakhiri sarannya, Bang Yos menekankan saat ini memobilisir seluruh kekuatan baik itu jajaran Kodam, Kapolda atau tim medis untuk bahu membahu membantu warga Jakarta khususnya terdampak banjir secara layak. Siapkan pengungsian yang sehat ada tempat tidur layak, air bersih layak dan siapkan tim medis dari relawan universitas manapun. (oko)