17 November 2021 | Dilihat: 102 Kali

MUI TEGASKAN AHMAD ZAIN BUKAN PENGURUS HANYA KOMISI FATWA

noeh21
Ahmad Zain
    
BRAVO8NEWS.COM - Penangkapan Ahmad Zain An-Najah, oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengejutkan sejumlah pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Pihak MUI melalui wakil Sekjen MUI Ikhsan Abdullah menegaskan, dugaan keterlibatan Ahmad Zain dalam tindak pidana terorisme merupakan tindakan pribadi yang tak berkaitan dengan kegiatan MUI.

 “Kami sangat terkejut, perlu kami jelaskan yang bersangkutan adalah anggota komisi fatwa, bukan pengurus. Dan dugaan keterlibatan yang bersangkutan dalam jaringan terorisme kami pastikan sebagai tindakan pribadi dan tanggung jawab pribadi,” ucap Ikhsan saat dihubungi, Hari ini (17/11).

Ikhsan menyampaikan, MUI adalah organisasi para ulama yang merupakan representasi dari semua organisasi masyarakat Islam, seperti NU dan Muhammadiyah.

Ikhsan mengatakan, MUI tidak menoleransi tindakan terorisme. “Kami memastikan di MUI tidak akan toleransi terorisme. Bahkan benih-benih pemikiran yang radikal pun tidak akan dibiarkan bersemai,” katanya.

Ikhsan menegaskan, MUI mendukung upaya pemerintah dalam memberantas terorisme demi menjaga keutuhan negara. Di lain sisi, MUI tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah dan penegakan hukum yang adil dan berkepastian hukum. Namun, belum ada keterangan lebih detail soal peran dan keterlibatan Ahmad Zain dalam tindak pidana terorisme.(IG.indonesiasatu_id)