28 September 2021 | Dilihat: 102 Kali

INTERPELASI SOAL FORMULA E GAGAL TERLAKSANA,DPRD TAK BERPIHAK RAKYAT

noeh21
Edi Prasetyo
    
BRAVO8NEWS.COM - Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta dilaksanakan Selasa (28/9/2021), urung. Masalahnya dari 106 anggota DPRD DKI Jakarta, hanya 27 anggota saja yang hadir (fraksi PSI dan PDIP), sementara 79 anggota DPRD DKI Jakarta dari Tujuh fraksi di DPRD DKI Jakarta yaitu Gerindra, Nasdem, PKS, PKB, PAN, Demokrat dan Golkar tak nampak alias mangkir.

Rapat paripurna interpelasi tersebut pada pokoknya menanyakan soal perkembangan ajang Formula E tahun 2022. Kubu penolak interpelasi menyatakan tidak akan menghadiri paripurna kali ini. Mereka menganggap Pras telah menyalahi aturan tata tertib karena menyelipkan agenda interpelasi dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus).  

Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Gerindra, Mohamad Taufik mengatakan rapat Bamus hari ini seharusnya membahas 7 agenda dan tidak termasuk rapat paripurna interpelasi. Namun, kata Taufik, ketua DPRD Prasetyo telah menyelipkan  secara diam-diam agenda pembahasan tersebut.

Ketua DPRD DKI dari Fraksi PDI-P Edi Prasetyo menegaskan, Tidak kuorumnya rapat paripurna penyampaian penjelasan anggota dewan pengusul secara lisan atas hak usul interpelasi bukti ketidak berpihakan anggota DPRD DKI Jakarta kepada warga Jakarta.

APBD sebesar Rp983,3 miliar telah digelontorkan Pemprov DKI Jakarta sebagai rencana menggelar balap Formula E. Pembayaran itu pun telah menjadi temuan dalam laporan hasil pemeriksaan BPK karena maladministrasi. Lantas dimana ketidakwajaran 33 orang dari dua Fraksi yang ingin mempertanyakan keteguhan gubernur yang tetap ingin Formula E digelar tahun 2022?

Saya bersama 32 orang pengusul hak bertanya atau interpelasi hanya berharap persoalan yang gelap dari pelaksanaan Formula E ini terang benderang. Sebab yang saya tahu, masyarakat DKI Jakarta masih tertatih-tatih untuk pulih dari dampak Pandemi Covid-19 ini. Mereka masih membutuhkan banyak subsidi sebagai bukti ketulusan dan perhatian pemerintah kepada warga. (tim)