19 Juli 2021 | Dilihat: 76 Kali

CATUT NAMA KEMENSOS, SEBAR PESAN HOAX, SARJANA IT DITANGKAP

noeh21
Kabid Humas Kombes Yusri Yunus
    
BRAVO8NEWS.COM - Menyebar pesan hoax yang menginformasikan adanya bantuan sosial atau bansos PPKM dengan mencatut nama Kementerian Sosial (Kemensos), seorang sarjana IT sebut saja RRM, digelandang ke Polda Metro Jaya.

Modus yang dilakukan mahasiswa membuat website berisi form pendaftaran agar masyarakat seolah bisa mendapatkan bansos. Cara inilah yang bisa menimbulkan keresahan dan gejolak. "Dia pakai lambang di websitenya logo Kemensos, sehingga seperti yang sebar dari Kemensos," tandas Yusri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyampaikan,  kasus tersebut bermula dari masuknya laporan Kemensos ke Polda Metro Jaya. "Kemensos melaporkan ke Polda Metro Jaya tanggal 12 Juli lalu melaporkan adanya akun beredar di medsos, akunya menyebar pesan berantai berisi formulir bantuan sosial PPKM sejumlah Rp 300 ribu," tutur Yusri Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (19/7/2021).

Praktik tersebut telah dilakukan sejak November 2020. "Apa keuntungan RRM? Ini sejak bulan November 2020 sampai terakhir diamankan yang bersangkutan rupanya keuntungan diambil disini setiap bulan dia masukkan iklan di website tersebut minimal dia iklan di satu website. Keuntunganya dua iklan bisa Rp 200 juta," Yusri menandaskan.(oko)