26 Agustus 2021 | Dilihat: 100 Kali

SETELAH MUHAMAD KECE, GANTIAN YAHYA WALONI DITANGKAP BARESKRIM

noeh21
Yahya Waloni
    
BRAVO8NEWS.COM - Setelah Muhamad Kece ditangkap di Bali dan diinapkan di Bareskrim, kini giliran Yahya Waloni juga digelanang ke Bareskrim. Bekas pendeta yang kini ngaku ustadz tersebut diciduk di daerah Cibubur, Kamis (26/8/2021).  Keduanya bermasalah menista agama.
 
Yahya Waloni selama ini berceramah dengan melontarkan kata-kata yang tak terpuji, saat ditangkap mengenakan baju batik dan berpeci hitam. Yahya Waloni sebelumnya dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh komunitas Masyarakat Cinta Pluralisme soal dugaan penistaan agama terhadap Injil. Yahya Waloni dinilai menista agama dalam ceramah yang menyebut Bible itu palsu.

Pelaporan tersebut tertuang dalam Laporan Polisi (LP) Nomor: LP/B/0287/IV/2021/BARESKRIM. Yahya Waloni dilaporkan dengan dugaan kebencian atau permusuhan individu dan/atau antargolongan (SARA) pada Selasa (27/4).

Dalam kasus ini, Yahya dilaporkan bersama pemilik akun YouTube Tri Datu. Dalam video ceramah itu, Yahya Waloni menyampaikan bahwa Bible tak hanya fiktif, tapi juga palsu.

Di dalam LP tersebut, mereka disangkakan dengan UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 45 A juncto Pasal 28 Ayat (2) dan/atau Pasal 156a KUHP.

Dirsiber Bareskrim Polri Brigjen Asep Edi Suheri yang dikonfirmasi wartawan soal penangkapan Yahya Waloni tak membantahnya. "Nanti akan kita rilis, sabar ya," ujarnya. (wal)