12 Oktober 2021 | Dilihat: 69 Kali

RESMOB POLDA METRO UNGKAP 52 KASUS KEJAHATAN JALANAN

noeh21
Kombes Yusri memberikan keterangan
    
BRAVO8NEWS.COM - Selama 2 minggu terakhir, Reserse Mobile (Resmob) Polda Metro Jaya berhasil mengungkap 52 kasus kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat. Komplotan ini bergerak secara berkelompok mencari mangsa di tempat sepi, tak segan menganiaya korban.   

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, para pelaku biasanya mencegat korban di tengah jalan dan merampas barang bawaan serta sepeda motor yang digunakan. “Pertama kasus curas di wilayah Tambun Bekasi, laporan Polisi 26 September 2021 di Tambun dengan korban A dengan 4 tersangka,” kata Kombes Yusri di Polda Metro Jaya, Senin (11/10/2021).

Sedang satu pelaku lainnya masuk daftar pencarian orang (DPO). Pertama EH alias B diketahui sebagai otak pelaku yang menodongkan celurit ke korban kemudian melakukan pembacokan terhadap korban. EH yang mengatur strategi dan melakukan perampasan.

Kedua SB alias S peran joki yang membonceng A alias KA yang masih DPO. Ketiga RH alias P joki yang berboncengan dengan EH. Kemudian keempat RA alias A ini yang menyediakan sajam berupa 2 celurit yang disiapkan untuk aksi dengan teman-temannya.

Modusnya, para pelaku secara bersama-sama dua atau tiga motor bergerak untuk mencari tempat sepi, melihat situasi apakah ada korban. Biasanya mereka bergerak pukul 00.30 WIB. "Ketika melihat korban lewat di tempat sepi, pelaku memepet korban untuk berhenti dan mengambil barang milik korban termasuk sepeda motornya,” ujar Yusri.

Ketika korban melakukan perlawanan diancam dengan celurit sehingga kendaraan dan handphone korban dibawa kabur pelaku. Tim Resmob juga melakukan penyelidikan kasus perampasan pada 3 Oktober 2021 yang dilakukan 2 pelaku di daerah Legok, Banten.

Pelaku FM selaku eksekutor yang merupakan residivis, tapi masih anak di bawah umur dengan joki berinisial S. “FM ditangkap pada 7 Oktober 2021 di KS Tubun, Jakarta Barat. Sedangkan S ditangkap di Legok,” tutur Yusri Yunus.

Sedangkan kasus ketiga, Tim Resmob Polda Metro Jaya ungkap kasus kejahatan jalanan yang terjadi pada 26 September 2021 di daerah Lawa Lumbuh, Bekasi.

5 pelaku beraksi di tempat sepi, mencari korbannya. Pelaku membacok korban berinisial FS sebanyak 3 kali. "Pelaku berinisial FH, MS, MA yang berperan sebagai joki, AM dan MA alias C, tidak segan-segan membacok korban,” terangnya. Para tersangka yang ditangkap dikenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.(yei)