14 Oktober 2021 | Dilihat: 312 Kali

DONNY SH : PENAGIH PINJOL YANG MENGANCAM DAN SEBAR GAMBAR PORNO JELAS MELANGGAR HAM

noeh21
ILUSTRASI
    
BRAVO8NEWS.COM - Menjamurnya pinjaman online (Pinjol) ilegal ternyata membuat dampak negatif, masalahnya praktik mereka menagih nasabah sama sekali tak beretika, Si nasabah jika telat membayar diteror dan diancam dengan berbagai cara. Baru-baru ini Polda Metro Jaya menggerebek kantor Pinjol di Kawasan Tangerang.   
Sikap tak sopan kerap dilontarkan si penagih tanpa perikemanusiaan, meski si debitur benar-benar dalam kondisi tak berdaya dalam perekonomian.
Pakar Hukum Ibukota, Donny Endrassanto SH, MH, ketika diminta pendapatnya mengungkapkan, (Kamis 14/10/21)  penagih baik lewat komunikasi telepon dan bertemu langsung, jika mengancam apalagi mengeluarkan kata kata kasar dan menyebar luaskan permasalahan debitur bahkan sampai mengirim berita bohong merupakan pelanggaran HAM (hak asasi manusia).

Tak sedikit debitur yang diteror di hp dan medsos milik debitur, hal ini jelas telah melanggar HAM  dan hukum pidana maupun UU ITE. "Saya sangat setuju dan mengapresiasi kepada Presiden Jokowi yang tanggap terhadap  keluhan rakyatnya yang tertindas dan Polri bereaksi cepat melaksanakan perintah presiden," tandas Donny.


Mereka, Donny, dapat dijerat pasal 28 ayat 1 tentang  UU Nomer 11 tahun 2008 tentang UU ITE tentang menyebarkan berita hoax  jo Pasal 310 jo Pasal 321 Kuhp tentang pencemaran nama baik dan penghinaan. "Dampaknya sangat meresahkan masyarakat, semisal pinjaman 10 juta kalau telat telat membayat bisa jadi Rp 100 lebih itu yang terjadi," urainya.

Kantor pinjaman online (fintech) ilegal di Ruko  perumahan elite di Kota Tangerang digrebeg polisi, sebanyak  56 karyawan  diamankan dimintai keterangan.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, kantor pinjol ilegal yang digerebek tepatnya berada di Green Lake City, Ruko Crown Blok C1-7. "Benar, anggota sudah di lokasi," kata Kombes Yusri, Kamis (14/10/2021).

Menurutnya, praktik pinjol ilegal kini menjadi prioritas untuk ditindak oleh kepolisian. Tindakan ini menyusul arahan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang meminta jajarannya untuk menindak pinjol ilegal.

Kepolisin kini terus melakukan penindakan terhadap pinjol ilegal yang keberaannya sangat meresahkan masyarakat khususnya nasabah. Masyarakat juga diminta untuk melapor ke polisi jika mengetahui adanya pinjol ilegal guna ditindak lanjuti. (OKO)