05 Oktober 2021 | Dilihat: 98 Kali

BARANUSA MELAPORKAN NATALIUS PIGAI KE BARESKRIM

noeh21
Natalius Pigai
    
BRAVO8NEWS.COM - Ketua Umum BaraNusa Adi Kurniawan menjelaskan, Selasa (5/10) pihaknya melaporkan bekas  Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai ke Bareskrim Polri atas dugaan rasisme.

Tudingan rasis itu bermula dari cuitan Pigai yang diduga berisi pesan rasialisme ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. "Dilaporkan Senin, teregristasi  dalam LP/B/0601/X/2021/SPKT/BARESKRIM POLRI. LP itu dibuat pada 4 Oktober 2021 dan ditandatangani oleh Perwira Siaga 1 Ipda Irwan atas nama Kepala Subbagian Penerimaan Laporan," ujar Adi.

Natalius Pigai diduga melakukan tindak pidana penghinaan/ujaran kebencian/hate speech (melalui media elektronik) dan/atau kejahatan tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis sebagaimana dimaksud dalam Pasal 45 A Ayat (2) Jo Pasal 28 Ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 156 KUHP dan/atau Pasal 16 Jo Pasal 4 Huruf (b) ayat (1) UU RI No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) KUHP.

Terlapor dalam LP ini ialah pemilik akun atau pengelola akun Twitter atas nama @NataliusPigai2.

Sementara itu, melalui Twitter yang sama, Pigai membantah kalau dirinya telah melakukan rasis. "Sy adalah Penentang Rasisme paling terdepan. Tdk ada twit Sy yg isinya Rasis. Mrk kait2kan dgn rasisme krn sakit hati, dan kemampuan otaknya belum mampu mencerna secara jernih. Sy sudah sebut nama (subjek), frasa “Org Jawa Tengah Jokowi” itu “AKSIOMA"," cuit Natalius Pigai. (oko)